Dalam fitur ini HRD dapat mengelola berbagai referensi/jenis/kategori Cuti yang dapat diambil oleh SDI di direktorat yangbersangkutan. HRD dapat melakukan tambah, edit, serta hapus jenis/kategori Cuti.
Berikut merupakan cara mengakses menu Cuti pada IRIS :
1. Pada Menu Admin pilih Master Data > Cuti. Maka akan tampil halaman seperti berikut.
2. Pada Menu ini anda dapat membuat, mengedit, serta menghapus data jenis/kategori cuti. Untuk menambahkannya, anda dapat mengklik tombol Tambah Referensi Cuti.
3. Akan tampil halaman seperti berikut. Isikan semua field yang disediakan, antara lain nama cuti, jatah cuti (per-tahun) dan hari belakunya cuti tersebut. Untuk field “berlaku” terdapat 2 pilihan yaitu: Hari Kerja dan Hari Kalender, berikut penjelasannya :
a. Hari Kerja : Jenis/kategori cuti ini berlaku berdasarkan hari kerja SDI. Hari Kerja disini akan dihitung berdasarkan hari kerja SDI yang ada di Menu Presensi > Jam Kerja/Shift, sesuai dengan kelompok pegawai SDI tersebut.
b. Hari Kalender : Jenis/kategori cuti ini berlaku berdasarkan hari full yang ada di kalender.
Note : Penentuan Hari Kerja dan Hari Kalender pada jenis/kategori Cuti ini akan berpengaruh/tampil pada Data Presensi SDI terkait yang mengajukan Cuti.
Jika dirasa sudah, untuk menyimpan jenis/kategori Cuti silakan klik tombol Simpan.
4. Jika berhasil maka data yang anda masukkan tadi akan terlihat seperti ini.
5. Anda dapat melakukan pengeditan Cuti dengan cara menekan tombol (simbol pensil) pada baris yang ingin anda edit. Edit field2 tersebut, jika sudah tekan tombol Simpan.
6. Untuk menghapus Cuti, anda dapat menekan tombol (simbol tempat sampah) . Akan muncul peringatan seperti berikut. Jika anda ingin menghapus jenis/kategori Cuti yang anda pilih maka tekan “Ya!” jika tidak maka tekan “Tidak”.
7. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa anda berhasil/gagal dalam menghapus jenis/kategori Cuti tersebut.
Note: Harap berhati-hati pada saat menghapus Referensi Cuti ini, perhatikan SDI yang sudah mengambil Referensi Cuti yang ingin anda hapus